Backpacker Pulau Tidung (Tips Wisata Pulau Tidung Murah)

Backpacker Pulau Tidung


 

 

 

Selamat Siang,

Dalam tulisan kali ini saya ingin sedikit bercerita dan berbagi tips tentang Backpacker Pulau Tidung / perjalanan murah-meriah ke Pulau Tidung.  Seperti yang kita ketahui Pulau Tidung adalah bagian dari kepulauan seribu yang paling banyak dikunjungi wisatawan. umumnya wisatawan yang berkunjung ke pulau tidung melalui jasa travel, namun disini saya mencoba melakukan itinerary tanpa jasa travel.

Apa yang perlu kita siapkan jika kita melakukan perjalanan tanpa jasa travel ke pulau tidung / Backpacker Pulau Tidung ?

1. Penginapan

Booking lah penginapan terlebih dahulu sebelum anda merencanakan Backpacker Pulau Tidung . banyak sekali home stay di pulau tidung. anda bisa googling dan mempertimbangkan home stay mana yang kira-kira cocok dengan bujet anda. punya bujet minim? bawalah tenda dom biasa, karena anda bisa mendirikan camp/tenda di pinggir pantai. cukup membayar biaya kebersihan Rp.15.000 .

2.Transportasi

Pemberangkatan kapal penyebrangan dari Muara Angke ke Pulau Tidung pukul 07:30 pagi. jika anda berada di luar Jakarta (seperti saya misal di Bogor) kita tidak boleh tertinggal KRL ekonomi pemberangkatan pertama, yakni berangkat pukul 4.15 pagi.  estimasi sampai stasiun kota pukul 6:15 pagi lalu naiklah bajaj yang langsung menuju ke muara angke (turun di pom bensin angke).ini untuk menghemat cost dan waktu.  untuk ongkos penyebrangan ke Angke - Pulau tidung tarifnya Rp.35.000

3.Snorkling dan Sepeda

Bisa jadi biaya snorkling menjadi bujet terbesar karena kita harus menyewa peralatan snorkling dan kapal nelayan (spot snorkeling biasanya di wilayah pulau payung). Jika anda memang berniat bersnorkeling ria (lagipula kurang pas rasanya kalo mengunjungi Pulau Tidung tanpa snorkeling) ada beberapa tips dari saya untuk meminimalisir cost:

  • Sewalah alat senorkling secara satuan dan usahakan nego dengan wajar. bilang saja anda hanya ingin snorkeling di sekitar tidung :D rata-rata biaya sewa alat snorkeling adl 15rb-25rb.



  • Tanya kepada nelayan setempat/tukang sewa kapal, apakah ada rombongan travel yang akan mencalter kapal mereka? biasanya travel mencarter kapal dengan kapasitas 1 kapal untuk 10 orang. jika ada,anda bisa nebeng ikut rombongan mereka.karena sebetulnya kapasitas kapal bisa memuat 15 orang. jangan lupa sebelumnya konfirmasikan dulu kepada travel/rombongan.jika memang diminta biaya. gampangnya begini ongkos sewa kapal 300.000/15 maka tim anda cukup ikut membayar 20/orang.



  • Sewa Sepeda di pulau tidung sekitar 15rb/hari. sebetulnya ini hanya opsional saja. tapi mempertimbangkan jarak home stay dan pantai yang cukup lumayan (sekitar 300 meter) rasanya tidak salah jika anda mengeluarkan cost untuk sewa sepeda.


nanti saya tambahkan lagi tips Backpacker Pulau Tidung  :)

Field Report PULAU TIDUNG (Maret 2012)


Long weekend. rasanya akan sia-sia bila dilewatkan. Junior saya di Gunadarma mengajak saya untuk main ke Pulau Tidung. bukan tanpa alasan mereka mengajak saya, karena saya memang memiliki sahabat seorang Guru yang mengajar di pulau tidung jadi kita bisa menginap di tempatnya, hehe

hmm.. bolehlah,saya memang sedang tidak ada kegiatan untuk liburan long weekend saat itu. Jadilah kita berenam berangkat dari Bogor menaiki KRL pertama. sesuai dugaan saya, Muara Angke sesak padat oleh orang-orang yang berniat liburan ke Kepulauan Seribu.

[toggle title="Suasana di dalam Kapal Penyebrangan"] Backpacker Pulau Tidung [/toggle]


Untuk long weekend/hari besar. Kapal penyebrangan tidak hanya berangkat pagi. ada beberapa kapal yang diberangkatkan sampai pukul 1 siang. untuk membunuh bosan dalam kapal penyebrangan saya bermain domino bersama kawan-kawan :D

[toggle title="Membunuh kejenuhan bermain domino di kapal"] Backpacker Pulau Tidung [/toggle]


[toggle title="Berfoto di galangan kapal"] Backpacker Pulau Tidung [/toggle]


Perjalanan cukup lama. sekitar pukul 11:00 kita baru sampai di pulau tidung,tanpa membuang banyak waktu,saya dan teman-teman langsung menelusuri pantai dengan berjalan kaki.


[toggle title="Menelusuri pantai tidung"] [/toggle]


[toggle title="Pantai Pulau Tidung"] [/toggle]


dan menuju Jembatan Cinta. saya kurang mengerti kenapa dinamakan Jembatan Cinta. yang pasti sekarang Jembatan Cinta sudah direnovasi tidak seperti kunjungan awal saya sebelumnya, masih rusak dan rapuh.

[toggle title="Melompat dari Jembatan Cinta"] [/toggle]


[toggle title="Berfoto di Jembatan Cinta"] [/toggle]

 

Esok harinya kita bersenorkling di Pulau Payung

[toggle title="Kapal Snorkeling"] [/toggle]

[toggle title="Snorkeling di pulau tidung"] [/toggle]

[toggle title="Diving dibantu instruktur"] [/toggle]

Demikian field report dan tips Backpacker Pulau Tidung dari saya, mungkin lain waktu saya akan tambahkan. jika ada pertanyakan silakan bisa kontak saya melalui komentar dan form kontak.

 

salam hangat.

2 komentar:

  1. boss, klo mo booking penginapan dsana.
    ada yg bisa recommended ga'??
    plus paket snorklingnya...
    sms dund ke: 089637010197

    BalasHapus
  2. bisa. silakan agan hubungi sahabat saya 085693816992 (Ezra) untuk harga terbaik travel pulau tidung.

    http://ezrawira.blogspot.com/

    salam

    BalasHapus