a Keyboardist



Selamat pagi.

Masih belum bisa tidur pagi ini.  mungkin menulis blog akan jadi kegiatan rutinitas, padahal sebelumnya saya jarang sekali mengisi blog (bayangkan saja,blog ini sudah hampir 4 tahun tapi posting baru puluhan) hihihi dengan sering menulis di blog yang tidak berguna ini mudah-mudahan bisa membantu teman-teman dalam mencari sebuah referensi materi atau buat saya juga memotivasi untuk terus belajar dan berkembang menuntut ilmu.


Dalam tulisan kali ini,saya akan menulis tentang apa dan bagaimana menjadi seorang keyboardist. nah loh? keyboardist? yap, pemain keyboard di band atau solo. pada dasarnya saya sendiri masih awam soal bermain musik.tapi saya akan mulai bercerita bagaimana saya bisa tertarik memainkan alat musik yang katanya sih para cewe bilang romantis. hahaha

Keuntungan menjadi keyboardist


1. Cukup dengan satu Keyboard anda bisa memainkan semua instrumen musik.  dalam satu keyboard (portable) saja anda bisa mengatur dan explore sound dari mulai alat tradisional gamelan,gitar,bass sampai drum modern.


2.  Memiliki satu keyboard,pedal sustain,sound ampli+softsynth (optional) sudah cukup untuk beberapa tahun (tergantung kwalitas dan perawatan). tidak perlu mengganti senar dalam jangka waktu (seperti gitaris dan bassist) atau seperti drummer yang mengganti stik setiap beberapa minggunya. perawatan keyboard hanya perlu di bersihkan saja dari debu. enough.

3. Anda dicari banyak Band. bukan hal rahasia di dunia perbandnan. pemain keyboard paling banyak dicari untuk mengisi komposisi suatu band. baik sekedar mengisi rekaman atau tampil live .tidak percaya? coba tanyakan pada mereka yang bergelut di dunia musik. bandingkan lebih banyak dicari bassist,vokalis,drummer,gitaris atau keyboardist?

Tips memilih Keyboard sesuai bujet


Layaknya Gadget. kalo ditanya keyboard merk apa yang bagus, saya akan balik bertanya, punya bujet berapa? ya, harga menentukan kualitas.  sebetulnya ukuran bagus atau tidak itu sesuai bujet dan keperluan. untuk anda pemula yang ingin belajar keyboard tapi dengan bujet minim. akan saya coba rekomendasikan beberapa merk keyboard.

Saya lebih prefer untuk keyboard second.  harganya terkadang miring (cukup jauh dari harga baru) .  disini saya tulis beberapa tips membeli keyboard new/second:

1. Keyboard baru/second. tekan semua tuts dari octav awal sampai octav akhir.  tekan semua tombol fungsi/picth bend/input-output Jack/Sustain, jangan lupa periksa layar lcd,masih bersih atau ada scratch, dengarkan juga sound yang dihasilkan. jangan sampai satu saja tidak berfungsi.

2. Jika membeli Keyboard baru. periksa kelengkapan:  manual book,garansi,cd/memori dan kabel data (jika ada). usahakan membeli langsung di dealer resmi atau distributor alat musik yang sudah dipercaya seperti toko musik tiga negeri, gema musik, dsb..

3. Jika anda ragu, ajak saja teman/kenalan anda (keyboardist) ketika membeli keyboard. ini lebih efektif daripada cara lain diatas.

Range bujet 300rb-800rb


Saya sarankan anda mencari keyboard seri Techno. seri Techno sangat cocok untuk anda yang baru belajar/pemula. karena sound bank cukup banyak dan karakter polyphonic yang stabil. saya sudah bandingkan dengan seri Mideli. ternyata Mideli kurang awet,. chord yang seharusnya bersifat poly menjadi mono. akibatnya sound yang dihasilkan chord menjadi tidak sempurna  (mono).

dulu saya sempat mengunakan Techno. seri berapanya saya lupa. yang pasti cukup oke untuk sekedar belajar atau main musik di rumah.

[caption id="" align="aligncenter" width="400" caption="Techno 9000"]http://www.beladinet.com/thumbnail.php?pic=uplimg/img_104417_5b5b2160772f0266a075eccc7a5535cb.jpg&w=500&sq=Y&b=Y[/caption]

 

atau jika anda punya bujet sedikit diatas 800rb. saya pernah memiliki keyboard Roland E-5. cukup oke untuk dipakai ngeband live.

[caption id="" align="alignnone" width="447" caption="Roland E-5"]http://www.wikizic.org/1-047-047892-Roland-E5.jpg[/caption]

Range bujet 1.2 jt-2.5 jt


Range harga segini, saya kira cukup aman untuk anda yang ingin memiliki keyboard 'sungguhan'. Keyboard dengan bujet 1jt-2 juta sudah bisa dipakai live band/organ tunggal atau sekedar recording. karena sound lebih rill dibanding keyboard portable dibawah 1 juta, berikut rekomendasi beberapa keyboard dengan range harga tersebut:

Yamaha PSR series 1000 s.d 1500

[caption id="" align="alignnone" width="391" caption="PSR 1000"]http://www.know-your-keyboard-piano.com/images/yamaha-psr-1000.jpg[/caption]

 

Yamaha PSR series 1000 s.d 1500 sudah menyediakan device input, melalui disket. disket ini berguna untuk meload file midi (sequencer) yang banyak digunakan organ tunggal. perhatikan bagian paling kiri keyboard dibawah tombol merah. ada pitch banding. pitch band berguna untuk melakukan bending (seperti halnya tehnik bending di Gitar).  usahakan jika bujet anda dalam range ini, anda bisa mendapatkan keyboard dengan input device dan pitch band atau jika ada dua bending  (modulation) anda sudah cukup beruntung mendapatkan di harga range ini. (PSR 1500)

 

http://kkcdn-static.kaskus.us/images/2889823_20120322115839.jpg

FYI: Keyboard Yamaha PSR Series diperuntukan untuk solo keyboard (Organ Tunggal), aga kurang pas jika untuk ngeband dan explore sound. tapi no problem. dengan feature yang bisa melayer dan split (menyatukan dua sound/memisah octav dengan sound berbeda) ini sudah cukup worthy untuk digunakan manggung.

Range Bujet 3jt -5 jt


Untuk di range ini. saya sarankan anda tidak membeli Keyboard Portable (Keyboard yang memiliki sound aktif) tetapi saya sarankan anda memilih jenis keyboard synthesizer.

untuk rekomendasi bujet 3jt-3.5jt. saya sarankan keyboard ini:

[caption id="" align="aligncenter" width="350" caption="Korg X5D"]http://www.midi.cz/uploads/80736.jpg[/caption]

 

Feature Korg X5D sangat lengkap untuk bujet range 3jtan. sudah di discontinue ke Korg X50 jadi tidak keluar yang baru. dengan fitur combi (8 layer) dan program bank dan fx  yang cukup lengkap., sound patch yang real,include midi in/out,dan body yang ramping. saya rasa keyboard ini minimalis sekali untuk anda pemotor yang mengangkut keyboard ke studio.kelemahan keyboard ini adalah tidak user interface,jadi anda harus memahami tutorial buku panduan secara rinci.  jangan khawatir jika anda berniat mengganti atau menjual keyboard ini. karena harga jual tidak akan jatuh. saya pernah memakai keyboard ini kurang lebih 1 tahun dan menjual kembali diatas harga yang saya beli. hihihi

spesifikasi lengkap anda bisa cek disini

Korg X5D masih sangat dicari . jadi jangan heran anda akan kesulitan mendapatkan keyboard synthesizer seri ini, karna cukup langka :D

my oldest gear (KORG X5D,Triton Le,Roland X5)



lain lagi jika anda mempunya bujet 3.5-4.5jt rupiah. anda bisa memiliki Roland Juno D.

[caption id="" align="aligncenter" width="402" caption="Juno D series"]http://www.rolandpromusic.net/pics/junod.jpg[/caption]

 

Roland Juno D merupakan best seller roland untuk range harga 4-5jt. produk ini dirilis sekitar tahun 2000-an, sudah lebih modern dibanding Korg X5D. user interface cukup dimengerti, dengan feature perfomence anda dapat melakukan explore sound-sound dan Fx yang banyak digunakan band-band saat ini.  kekurangannya, hati-hati karena keyboard mudah rusak/error. jadi jika anda memilih keyboard ini, anda harus sedikit lebih apik dalam penggunaan.

untuk spesifikasi lebih lengkapnya anda bisa kesini

 

Range bujet 6.5- 10 juta.


ada 5 keyboard jagoan saya di range harga ini. yaitu:

KORG TRITON LE

[caption id="" align="aligncenter" width="471" caption="KORG Triton Le"]http://images01.olx.co.id/ui/6/64/80/1277820397_102506480_1-KORG-TRITON-LE-indonesia-1277820397.jpg[/caption]

 

Di rilis tahun 2002. keyboard ini termasuk handal di bujet 6-7jutaan (second). termasuk dalam keluarga triton,jadi tersedia 61-76-88 tuts. jika anda ingin merasakan sensasi tuts grand piano yang lebih berat. anda bisa membeli seri triton 88 key.

Feature Korg Triton Le:

• 61- or 76-note keyboard, with velocity and aftertouch.
• Four Banks of Programs (A-D) plus a GM sound set.
• Three Banks of Combinations (A-C).
• 62-note polyphony.
• 64Mb maximum sample RAM.
• 32Mb of waveform ROM.
• 200,000-note sequencer (resolution 192ppqn).
• Two main stereo effects processors, one stereo insert effect, master EQ.
• SmartMedia storage slot.
• External power supply.
• 240x64-pixel display.
• Two main and two auxiliary outputs.
• Optional EXB-SMPL sampling board.


Triton family sangat cocok untuk genre anda yang lebih nge Rock.

KORG X50

[caption id="" align="aligncenter" width="451" caption="Korg X50"]http://www.korg.com/uploads/Images/X50_633643272766107404.gif[/caption]

 

Korg X50 adalah discontinue/kelanjutan kesuksesan dari Keyboard X5D. dengan feature yang minimalis namun sound yang handal. keyboard ini sangat layak buat mereka yang ingin simpel.  bisa kita lihat di website resmi KORG, berikut spesifikasinya :

Meet the X50!
The X50 music synthesizer; packed with Korg's distinctive and world-renown sounds, designed for easy and intuitive operation, and features an ultra-light and compact design that's ideal for the active musician.


  • 512 professional-quality sound programs produced by the HI synthesis system used on the world-famous TRITON series.

  • 384 combinations, each allowing up to eight programs to be freely combined to create complex sounds.

  • Multi Mode allows the Korg X50 to be played from your external sequencer as a 16-part multi-timbral sound module.

  • Powerful effect section with four processors (one insert effect, two master effects, one master EQ).

  • Four-channel audio output (two main channels, two individual channels), a first in its class.

  • Dual polyphonic arpeggiator for even more musical enjoyment.

  • USB connector allows single-cable MIDI connection with your computer.

  • Stand-alone and innovative plug-in sound editing software is included, allowing you to tweak and program the X50, even within your DAW software.


Menggunakan engine Triton. walaupun bukan termasuk Triton Family. Keyboard ini bisa dibilang Triton mini.  sangat direkomendasikan buat anda yang suka dengan gaya manggung mengexplore sound dan terlihat minimalis dengan range bujet 6-7jt.

ROLAND JUNO-G

[caption id="" align="aligncenter" width="458" caption="Juno G series"]http://www.citraintirama.com/admin/product/513623Juno-Gi.jpg[/caption]

Serie Roland ini adalah best seller di seluruh dunia. apa yang membuat keyboard ini banyak digemari keyboardist?  Kaka dari Juno-D ini mempunyai fitur yang sangat lengkap di kelasnya.  dengan feature yang sedemikian lengkap dan dilengkapi D-BEAM yang keren. pantas saja keyboard ini jadi juara di kelasnya.

KORG TR

[caption id="" align="alignnone" width="420" caption="KORG TR"][/caption]

KORG TR adalah discontinue dari Korg Triton Le. sebetulnya semua feature tidak jauh berbeda dengan Triton Le (banyak yang menyebut ini versi Triton Le Hitam). ditambah slot MMC dan ROM/RAM yang memiliki kapasitas lebih besar daripada Triton Le. layaknya keyboard yang termasuk Triton Family ini masuk dalam daftar nominasi range harga 8jtan.Keyboard inilah yang saya gunakan saat ini, dengan fiturnya yang lengkap membuat saya belum mau pindah ke keyboard lain. :D

untuk review lengkap saya tentang JUNO G dan KORG TR bisa dilihat disini:

KORG TR VS JUNO G (klik disini)


 

penampakan Korg TR dan Juno G di kamar :p



KORG KARMA

 

[caption id="" align="aligncenter" width="453" caption="Korg Karma"][/caption]

Jika Roland punya JUNO-G yang menjadi best seller. KORG punya Karma yang masih menjadi best seller. walaupun terbilang sudah lama di rilis (2001). namun keyboard ini sangat direkomendasikan untuk bujet 8.5-10jt. masih Juara di kelasnya. tak heran jika Badai Krispatih sampai Jordan Rudess menggunakan Keyboard ini di Era-nya. review kehebatan karma bisa dilihat disini.

 

Bagaimana? apakah anda sudah mempertimbangkan keyboard mana yang anda akan pilih? untuk keyboard diatas 10 jt masih ada Roland Juno stage, diatas 20jt ada Fanthom series,Korg Extreme, diatas 30jt Korg m3,Fanthom G8,Yamaha MM series. Kurzweill diatas 45 jt ada Korg Oasys sampai yang termutakhir KORG Kronos (range harga 80-100jt). wow!

mengapa saya lebih mengkedepankan KORG dibanding yang lain? karena kembali lagi pada kebutuhan. genre yang saya mainkan Rock. jadi saya lebih prefer ke Korg yang lebih ngerock.  jika anda lebih ngepop atau mungkin ngejazz saya sarankan memilih Roland.

cukup dulu untuk tulisan kali ini (saya akan update terus review keyboard merk lainnya seperti M audio atau Kurzweill).  mudah-mudahan bisa saya lanjutkan di lain hari.

semoga berguna ;)

wasalam
Ditulis ketika melihat keyboard korg TR yang tergeletak berdebu di pojok kamar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar