Itinerary: Tips & Trick tiket pesawat 'low fare', Imigrasi / Paspor and Others

 


Sepeti ada yang kurang dalam blog ini.  saya tidak pernah menulis tentang travelers. padahal boleh dibilang saya termasuk orang yang gila traveling., Boleh dibilang  "backpacker-ers".

Sebetulnya kata "backpacker" kurang pas buat saya,saya lebih suka disebut travelers. dikarenakan saya bukan orang yang mati-matian mempertahankan bujet dalam sebuah perjalanan. saya lebih mengutamakan waktu dan efisiensi karena diluar itu saya punya pertimbangan lain.

Anda travelers/backpackers? ditulisan kali ini saya mencoba memberikan tips dan triks untuk mendapatkan tiket penerbangan Murah,

 

http://img.ehowcdn.com/article-new/ehow/images/a06/ah/3v/bid-cheap-fare-airline-flight-800x800.jpg

TIKET


Tiket menjadi bujet terbesar dalam itinerary. bagaimana cara menekan cost pada tiket?

 

 

A.  AirAsia

http://1.bp.blogspot.com/-wXYmVyR1MmM/T7BGa3dSCiI/AAAAAAAABI0/gObQkgoX7fc/s1600/logo+air+asia.gif


Air Asia merupakan maskapai yang gila promo. bahkan tersedia penerbangan sampai $0 atau Nol rupiah, anda bisa cek untuk harga tiket disini:

http://booking.airasia.com/

Namun hati2 terhadap ALL-IN FARE yang ditampilkan,karena terkadang ketika proses chekout akan ada charge tambahan (bahan bakar/sheet/tax dll). ini pernah saya alami tahun lalu ketika berencana membeli tiket Singapore-Malaysia $0 namun ketika di chekout menjadi 100 RM atau sekitar 300rb-an :/

untuk lebih akurat soal All in Fare. saya sarankan anda register di web Air Asia,Karena anda akan mendapat pemberitahuan promo via email.

contoh notifikasi promo di email:



Kelebihan lain dari booking online Air-Asia adalah anda tidak perlu repot-repot mengantri di konter chek-in biasa. karena sudah tersedia mesin otomatis yang disediakan di counter chek in.tinggal menginput no booking/barcode. dan membayar airport tax pada petugas Air Asia.

 

B. Lion Air

http://1.bp.blogspot.com/_INsaMP-APQM/TQhquG5d5bI/AAAAAAAADzI/1E9m_-jh0Cw/s1600/lion+air.jpg

Maskapai Lion Air termasuk dalam daftar range bujet travelers. pasalnya Lion Air melayani penerbangan hampir ke seluruh pelosok tanah air. sebetulnya masih banyak maskapai lain yang menyediakan tiket promo murah seperti: Sriwijaya Air,Merpati Airlanes,Batavia Airlanes. namun saya lebih prefer pada Lion Air. Selain price masuk akal,juga tidak ada charge tambahan lainnya.

Saya sarankan lebih baik membeli/booking tiket (Maskapai lokal) via Travel, tidak menyarankan membooking via online. karena setelah saya bandingkan rangenya lebih tinggi di Websitenya.

Oh ya, hati-hati juga dalam memilih jasa travel tiket. terkadang terjadi perbedaaan range harga yang cukup tinggi  antara travel satu dan lainnya. untuk daerah Bogor dan sekitarnya saya rekomendasikan "ANANDA TRAVEL" di samping poll bus Damri (Botani Square). jangan sungkan untuk bertanya pada mbak Dinda. bilang saja:  "saya ingin tiket termurah perjalanan ke tempat X" ;)

 

C.  Garuda Indonesia (Citi Link)

Garuda Indonesia dan Citilink sebetulnya sama. (Citilink adalah sebuah maskapai penerbangan anak perusahaan Garuda Indonesia. ) untuk perjalanan yang direncanakan dalam waktu dekat saya sarankan memilih dua maskapai ini. lho? ya, jangan salah,tiket Garuda bisa lebih murah dari AirAsia untuk itinerary dalam waktu dekat.

Mari kita compare perbandingan harga tiket (Denpasar-Jakarta) untuk AirAsia, Garuda dan Citilink (rencana perjalanan kurang dari 30 hari)



 

AirAsia di Range Rp 592.400



Citilink di Range Rp 584,999

 

Garuda Indonesia di Range Rp 544,000

 

Bagaimana? anda bisa mendapatkan pesawat sekelas Garuda Indonesia dengan harga yang lebih murah daripada pesawat AirAsia  kan?! :D

 

D. Jetstar (Value Air)

http://4.bp.blogspot.com/_Qy4iftwk5JM/SwsR_Xb1BqI/AAAAAAAAH2Y/dTNhFetFkmE/s1600/Jetstarlogo2.jpg

Jetstar (dulu Value Air) merupakan maskapai penerbangan biaya rendah yang berbasis di Singapura. Jestar direkomendasikan untuk anda para backpacker/travelers yang berniat melakukan perjalanan low cost ke Luar Negeri. harga yang ditawarkan cukup fantastis. misal anda berniat melakukan perjalanan ke Hongkong.  Jetstar menawarkan promo dikisaran USD 100 atau kurang dari itu.

Saya pernah terbang dengan Pesawat ini, terbangnya cukup extreme. pesawat kurang nyaman dengan pramugari yang 'kurang kece alias memble' :p , siap-siap saja mual jika anda duduk di bagian belakang pesawat :D

Oh ya, untuk booking online Jetstar anda membutuhkan credit card, atau anda membooking tiket via travel (tentu dengan harga yang lebih mahal daripada booking via online)

 

E. Tiger Airways

http://ghiboo.com/assets/modules/article/images/big/tiger-airways-4d5b602ce5412.jpg

Seperti halnya Jetstar yang menawarkan penerbangan low cost , Tiger Airways (yang juga berbasis di Singapura).  menawarkan harga yang cukup fantastis,khususnya penerbangan ke Singapura. dengan harga promo terendah puluhan ribu rupiah,  untuk membooking tiket TigerAirways anda memerlukan kartu kredit. dengan harga yang promo ditawarkan saya rasa maskapai ini direkomendasikan untuk anda para backpackers/travelers yang mengkesampingkan kenyamanan terbang.  (hati2 saja ketika melakukan manuver ke landasan RunAway. pilot melakukannya bak supir metromini yang dikejar setoran!) hihihi


Mischelenous tips.


Paspor.




 

Pikiran pertama dalam benak saya ketika berniat mengurus Paspor pasti 'birokrasi' mengingat ada sesi wawancara,validasi berkas,pencaloan dll.

beberapa tips mengurus paspor :

  • Datanglah pada senin pagi. ini untuk pembulatan proses pengurusan dalam satu minggu. Jangan lupa siapkan berkas anda (Kartu Keluarga/Ktp/Ijazah asli & Fotocopy) jika terjadi perbedaan Nama/Alamat satu berkas dengan berkas lainnya, sebaiknya anda meminta surat keterangan pada kelurahan/kecamatan terlebih dahulu. untuk mempercepat dan efesiensi waktu pengurusan.



  • Ketika sampai kantor Imigrasi jangan tertarik dengan iming-iming Calo. memang sudah tidak ada calo liar, namun sekarang calo yang berkeliaran berseragam Imigrasi alias orang dalam/pegawai.  harga yang ditawarkan kisaran Rp. 550rb, mengurus paspor via calo dengan mengurus sendiri sebetulnya sama saja. toh kita sama-sama mesti datang untuk melakukan foto dan wawancara.  untuk pengurusan sendiri anda cukup mengeluarkan dana  Rp.277,000



  • Jangan melakukan pengurusan pada hari dimana terdapat rombongan TKI. ini pernah saya alami di Kantor Imigrasi Bogor. karena waktu anda akan terbuang sia-sia mengingat antrian rombongan mereka akan diutamakan oleh petugas imigrasi.  yaa mungkin mereka membayar 'lebih' hihihi welcome to Indonesia :)


Imigrasi check.


http://multiply.com/mu/tazkiatunnafs/image/WUYunPufCq8HS+a-x2y48A/photos/1M/300x300/1095/Imigrasi.jpg?et=vtVsjF%2Bt4ubRmwBMGpy0ZA&nmid=0

  • Ketika proses pemeriksaan di Imigrasi bandara, jangan pernah membawa cairan lebih dari satu liter. karena akan disita oleh pabean. juga korek gas dan roko. untuk roko khususnya lebih baik bawa secukupnya, bilang saja untuk konsumsi pribadi, bila perlu buka segel roko. ini bertujuan menghindari penjualan roko di negara lain, karena roko di negara kita termasuk jauh lebih murah. pertanyaan lain yang sering ditanyakan adalah "apakah kita boleh membawa laptop dengan windows bajakan ke luar negeri?" jawabannya adalah "Bisa". perbandingan diperiksa adalah  1:1000 .  atau jika anda ragu, uninstall saja OS dan software-software bajakan anda.  bootable software dalam USB/Portable disk. aman kan? :D



  • Ketika akan melewati zona merah imigrasi. mungkin bisa saja nama anda terdeteksi sebagai 'black list' name.  ini pernah saya alami. ceritanya nama teman saya adalah Firmansyah .  ternyata nama 'Firmansyah' terdeteksi sebagai sindikat buronan teroris.  jika anda mengalami hal ini, anda akan dibawa ke kantor pemeriksaan imigrasi untuk memberikan keterangan lebih lanjut,  namun jangan panik.  jelaskan saja dengan yakin anda bukan sindikat teroris :p


 

Not have "Last/First Name".


http://www.limoanywhere.tv/images/newkb/booked%20by.jpg

Booking tiket dibutuhkan 'last name'  untuk memvalidasi pemesanan. bagaimana kasusnya jika anda tidak mempunyai 'last name'? sama halnya dengan nama teman saya yang hanya 'Firmansyah' ? anda tinggal mengisikan saja first name dan last name Firmansyah, menjadi

First Name:  Firmansyah

Last Name: Firmansyah

Atau beberapa maskapai meminta diisikan " - " di last name.

Atau jika anda mengunjugi beberapa negara tertentu (terutama Amerika) cukup isikan saja:

Firstname:  NFN

Lastname:  Firmansyah

NFN adalah "No First Name" ;)

 

Sekian tulisan pertama saya tentang Itinerary. mungkin lain waktu bisa saya lanjut kembali, . semoga bermanfaat ;)

 



@akaneasuhara I'm not learning everything

ditulis ketika teringat muka polos sang teroris "Firmansyah" di kantor imigrasi CGK taun lalu..  LOL

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar