Secure Internet Transaction (Rekber Kaskus & TokoBagus)

Alhamdulillah bisa ngeblog lagi setelah beberapa waktu site ini sempat offline,selain karena perpanjang domain juga database dan script php yg hilang oleh defacer :D

Dalam tulisan blog kali ini saya akan membahas  "Online secure transaction" atau keamanan transaksi dalam perdagangan dunia maya,dan juga  beberapa tips/trik mendapatkan item/barang dengan harga di bawah harga pasaran, yang akan saya bahas disini transaksi lokal dulu (karena cangkupannya lumayan kompleks) mungkin lain waktu saya bahas transaksi perdagangan online worldwide (mancanegara).

beberapa tipe transaksi dalam perdagangan online:

1.COD (Cash on Delivery)


dalam COD kita melakukan transaksi dengan bertemu langsung dengan penjual pada waktu dan tempat yang sudah disepakati.COD adalah cara terbaik dalam melakukan transaksi karena kita bisa langsung mengecek kondisi barang dan bertemu penjual.

2.DP (Down Payments)


Pembayaran dilakukan dimuka,namun  jarang sekali transaksi tipe ini digunakan,karena terkadang mengandung isu penipuan.

3.Full Payments


Artinya kita membayar semua total biaya (Harga barang/ongkos kirim/asuransi dll) setelah deal dengan penjual.

4.Rekening Bersama (Rekber)


Rekber adalah pihak ketiga yang menawarkan jasa dalam transaksi Full Payments untuk penjelasan skema rekber bisa dilihat di lihat disini.


 

Rekber sangat bermanfaat untuk transaksi online ditengah maraknya penipuan perdagangan online.jangan mudah terpercaya jika penjual menolak Rekber dengan alasan ribet,lama dll.

Jasa rekening bersama yang biasa saya gunakan dalam transaksi online:

 

Beberapa hal yang perlu diketahui dalam membeli barang di Toko Online (dalam kondisi ini kita tidak bisa melakukan transaksi COD (Cash On Delivery):

1. Reputasi Penjual

Reputasi penjual  masuk yang pertama, karena hal ini menentukan dalam keamanan dan kualitas barang yang kita

beberapa panduan dalam menentukan reputasi penjual/seller:

  • Lihat feedback /testimonial. jika penjual memang terpercaya pasti banyak memiliki positif feedback dengan title recommended seller.

  • Perhatikan banyaknya transaksi.dan telusuri item yang sudah terjual dan lama berjualan juga menentukan reputasi

  • Beberapa penjual menolak transaksi Rekber dengan alesan "ribet". sebaiknya tinggalkan saja.


2.Reputasi Toko Online

Entah sudah berapa banyak  orang keliru dalam menentukan reputasi toko online.beberapa review toko/penyedia toko online nasional:

  • TokoBagus : Saya tidak bilang jika tokobagus tidak direkomendasikan dalam pencarian barang online. mengapa? karena beberapa Rekber menolak transaksi dari toko bagus. dan teman saya sendiri sudah beberapa yang tertipu  karena tergiur barang yang murah dari tokobagus.namun tidak semua penjual tokobagus penipu. sebaikanya berhati-hati dalam memilih transaksi.usahakan transaksi dengan COD atau Rekber.



  • FJB Kaskus : FJB Kaskus termasuk terbesar dalam penyedia display penjualan online. yang membuat FJB kaskus lebih unggul dari Penyedia onlineshop lainnya adalah adanya reputasi penjual,feedback,testimonial.tanggal menjadi member. dan lain-lain.


Lalu banyak teman bertanya,"bagaimana saya mendapatkan harga miring dari internet?" :D

memang beberapa kali saya mendapatkan item (elektronik khususnya) dengan harga miring di Internet. berikut saya share tricknya buat teman-teman yang mungkin berminat berburu barang murah di Internet :D

1.Ketikan di google.com keyword ini:  "WTS (BU)"


 

2. Lalu pilih di tab kiri bawah "24 Jam terakhir" (atau bisa saja opsi lain)



 

3. Selamat berburu :D

Sebetulnya masih ada trik lain mendapatkan item murah dari internet. (saya biasa melakukan bidding di eBay atau membeli item diskon di Amazon.com) Insya Allah nanti akan saya share di tulisan berikutnya tentang transaksi worldwide.

 

Sangat disayangkan di negara kita belum adanya "BUYER PROTECTION' atau sistem jaminan pada pembeli seperti toko online luar negeri. sehingga transaksi online bisa lebih aman.

Happy Shopping ^^

 
Ditulis dan didedikasikan untuk salah satu teman saya yang gagal mendapatkan iPad murah di tokobagus :p

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar